img

CARA MENYIMPAN MAKANAN DI KULKAS YANG BENAR

 

Lemari pendingin atau yang sering disebut kulkas memang menjadi penyelamat untuk makanan-makanan supaya tepat segar. Jadi meskipun sudah dibeli tetapi belum ingin dimakan, maka bisa diletakkan di dalam kulkas. Dengan adanya kulkas, maka bahan makanan atau makanan jadi bisa bertahan sedikit lebih lama. Namun harus diketahui terlebih dahulu. Bahwa beberapa makanan tidak bisa bertahan lama atau bahan makanan tersebut bisa menimbulkan bau menyengat dan menular ke makanan lainnya.  

6 Tips Menyimpan Bahana Dalam Kulkas Yang Baik

Agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi ketika menyimpan makanan. Ada baiknya jika mengetahui tata cara menyimpan bahan makanan di kulkas terlebih dahulu. Dengan begitu makanan bisa tahan lama dan tidak mengganggu cita rasa makanan lainnya. Simak tipsnya dibawah ini.

  • Buah

Jika memasukkan buah yang sudah dicuci ke dalam kulkas. Hal ini hanya akan mempercepat pembusukan. Harus diketahui terlebih dahulu bahwa buah-buahan ini tidak membutuhkan kelembapan tinggi. Oleh sebab itulah hindarilah mencuci buah sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Karena akan merusak dan membuat cepat busuk. Sebaiknya letakkan buah-buahan di rak yang terbuka. Pisang, alpukat, melon, jeruk tidak bisa bertahan lama jika dimasukkan ke dalam kulkas. Jadi cukup simpan di dalam suhu kamar atau udara terbuka saja.

  • Sayuran

Lain hal dengan buah, sayuran membutuhkan kelembapan tinggi dan lebih cepat busuk dibandingkan buah. Jadi sebaiknya cuci bersih sayuran untuk mencegah bakteri. Tunggu kering sebelum dimasukkan ke dalam kantong plastik berlubang atau dibungkus kertas. Jauhkan dari buah-buahan dan bawang merah serta bawang putih. Letakkan di rak atau laci khusus sayuran.

  • Telur

Simpan telur dengan meletakkan bagian ujung kecil paling bawah agar tidak mudah cepat busuk. Sebelumnya cuci bersih telur untuk menghilangkan kotoran dan lap sampai kering. Letakkan telur ditempat yang sudah disediakan. Telur bisa disimpan dalam kulkas selama 3 – 5 minggu.

  • Daging

Pastikan dengan baik bahwa daging, ikan dan unggas segar tepat pada plastik pembungkusnya. Atau gunakan alas piring jika tidak ingin membungkusnya. Karena melepas pembungkus bisa meningkatkan risiko terparar bakteri.

  • Produk Susu

Untuk produk olahan susu akan lebih baik dimasukkan ke dalam kulkas. Khusus untuk produk ini, kemasan merupakan hal penting. Jika menyimpan susu sebaiknya gunakan botol plastik daripada kardus karton. Bakteri lebih mudah tumbuh di kardus karton dibandingkan botol plastik. Biarkan keju, yoghurt, krim asam, susu, dan krim tetap di dalam kemasannya. Apabila sudah dikonsumsi, sebaiknya jangan kembalikan ke wadah aslinya. Sebaiknya letakkan di mangkuk atau piring dengan pembungkus plastik.

  • Kentang

Fungsi dari kentang sendiri adalah menyerap bau busuk dari bahan makanan atau makanan olahan yang dimasukkan ke dalam kulkas. Sebenarnya, menyimpan kentang di dalam kulkas tidak baik karena zat tepung yang dimilikinya bisa berubah menjadi zat gula. Akan lebih baik jika meletakkan ketang ditempat gelap, dingin dan jauh dari jenis bawang-bawangan. Jika tumbuh kecambah, lebih baik segera dibuang.

Menyimpan Bahan Makanan Di Dalam Kulkas Yang Benar

Nah itulah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika ingin menyimpan bahan makanan ke dalam kulkas. Menyimpan bahan makanan ke dalam kulkas memang mampu mempertahankan bahan makanan tersebut tetap segar. Tetapi jika terlalu lama disimpan dan tidak diolah. Tentunya akan menimbulkan dampak tidak baik untuk bahan makanan lainnya.